BADUPARI Nagari Pasia Laweh Dikukuhkan LKAAM Sumbar

badupariBARITO MINANG, PALUPUAH-Karapatan Adat Nagari (KAN) Pasia Laweh sebagai KAN terbaik wakil Agam dinilai oleh Tim Penilai KAN Provinsi Sumatera Barat, dihadiri ketua LKAAM Provinsi Sumateta Barat, Selasa (28/7) yang di pusatkan di halaman SMP Negeri 1 Palupuah.
Penilaian KAN terbaik Agam menuju tingkat Provinsi Sumatera Barat diawali dengan Pelantikan barisan dubalang parik paga nagari Pasia Laweh berdasarkan Surat Keputusan Ketua Markas Badupari Provinsi Sumatera Barat nomor 03/M-Badupari-SB/V-2013, tanggal 20 Mei 2013 , untuk periode 2013-2018. diambil sumpahnya oleh Ketua Badupari Sumbar, Drs. M. Sayuti, Dt. Rajo Pangulu M.Pd,  selaku Ketua LKAAM Sumbar. Selanjutnya pelantikan Pengurus Badupari Magari Pasia Laweh dilantik oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Agam Syafirman, SH
Pengurus dan anghota Badupari agarbmampu melaksanakan tugas pokok dan fungsinya yaitu penwgak undang nan 20 dan pengawal sumbang nan 12 menurut sepanjang asat Minangkabau, Pedoman pelaksanaan tugas. pengurus dan anghita harus kompak dan patuj kepada salah seorang yang dituakan dalam satuan dubalang ditingkat nagari dengan sistem komando samnah naiak titah turun secara adat minangbkabau dilantik oleh Bupati Agam diwakili Sekdakab Agam Syafirman, SH, yang berkekuatan 32 orang.
Pengurus Badupari wajib melapor secara periodik yang diketahui oleh pengulu, suku, atau ninik mamak masing-masing.
Dalam tugasnya Badupari berupaya meningkatkan kemampuan keterlatihan keterampilan  dan kecekatan baik untuk diri sendiri maupun untuk pertahanan dan keamanan suku, kaum, dan nagari. Kepengurusan Badupari Pasia Laweh yang dilantik dan di kukuhkan untuk masa bakti 2013-2018
Rangkaian acara penilaian KAN berprestasi yang dinilai semenjak penyambutan kedatangan dengan tari galombang dirangkai dengan penampilan kesenian anak nagari Pasia Laweh Palupuah.
Penilaian Karapatan Adat Nagari (KAN) Pasia Laweh sebagai wakil Agam selesai penampilan dilanjutkan penilaian dan tinjauan lapangan sekaligus wawancara. (Yun.S/BM)